Senin, 31 Desember 2012

Jadi Bloger dan Harapan Menguangkan Blog


Akhir tahun 2012 tinggal hitungan jam. Di penghujung tahun ini, saya ingin membuat catatan akhir tahun. Tetapi bukan seperti yang dibuat media-media main stream atau media-media arus utama yang membuat catatan yang serius nan rumit tentang berbagai persoalan bangsa ini. Saya hanya ingin sedikit mengevaluasi blog ini selama 2012 sambil membuat resolusi untuk 2013.

Pada 2012, pertumbuhan blog ini sangat pesat. Pengukurnya adalah jumlah halaman yang ditayang atau page view. Menurut data blogspot saat artikel ini diupload, jumlah halaman yang ditayang dari blog ini sudah mencapai 122.326 dengan jumlah pemirsa hampir 100.000. Hingga tutup tahun, angka ini pasti akan terus bertambah. Untuk saya yang baru belajar "ngeblog", angka ini cukup fantastis.

Angka itu tidak dicapai dengan mudah. Pada akhir tahun lalu, pada catatan akhir tahun seperti ini, saya bertekad untuk secara rutin meng-update-nya. Mula-mula meng-update sekali dalam dua hari. Kemudian tiba-tiba di tengah jalan muncul tekad untuk mengisi setiap hari. Tekad ini berjalan, tetapi terkadang mentok di gagasan. Sering ketiadaan ide untuk dituangkan. Akibatnya, paling tidak tekad akhir tahun lalu itu terwujud dengan minimal update sekali dalam dua hari. Konsistensi dalam meng-update itulah yang melahirkan angka pageview seperti di atas.

Sejak akhir tahun lalu itu pula, saya belum berani menyebut diri sebagai seorang bloger. Saya harus menunggu angka page view 100.000 sebelum mendeklarasikan diri sebagai seorang bloger. Kini, angka yang saya nanti-nantikan itu datang, bahkan terlampaui. Maka kini saya berani menyebut diri sebagai seorang bloger. Tetapi saya seorang bloger yang belum memiliki spesialisasi. Sebab blog ini masih sangat bersifat umum. Meskipun, lebih banyak mengulas tentang agama para public figur dari berbagai profesi, terutama para pemain sepakbola. Artikel-artikel seperti inilah yang banyak dilihat peselancar mesin pencari.

Apa yang dicapai selama 2012 ini belumlah memuaskan. Dan, memang tidak boleh puas. Perlu ada peningkatan kualitas isi pada 2013 mendatang. Selain, tentu saja, terus meng-update secara rutin, minimal sekali dalam dua hari. Bila perlu setiap hari. Selain itu, misi dan visi blog ini perlu dipertajam agar kemudian semakin jelas spesialisasinya. Itu resolusi pertama untuk 2013.

Resolusi kedua, blog ini harus menghasilkan uang. Ini tentu tidak gampang, tetapi juga bukan mustahil. Tidak ada yang mustahil di bawah muka bumi ini. Apalagi sudah banyak orang yang sukses menjadi kaya dari pekerjaan "ngeblog". Untuk itu, saya harus bekerja keras mencari cara bagaimana supaya blog ini bisa menghasilkan uang. Selain itu harus belajar banyak dari berbagai referensi melalui buku maupun internet untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Tidak penting berapa angkanya. Yang terpenting ada uang yang dihasilkan dari kegiatan bloging seperti ini. Meskipun itu hanya Rp 1. Saya tidak mau bikin resolusi banyak-banyak. Menjalankan dua hal di atas sudah sangat bagus.

Akhirnya, semoga Alam semesta bisa mendengar dan merestui resolusi saya ini dan akhir tahun 2013, saya akan kembali melaporkan hasil dari resolusi tersebut. Mohon doa dan dukungannya agar tujuan ini tercapai. (Alex Madji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar