Kamis, 07 Februari 2013

Apa Agama David Luiz?


Banyak orang yang mengira bahwa David Luiz adalah seorang Katolik. Asumsi itu mungkin dilatari oleh sebuah fakta sosiologis bahwa dia berasal dari Brasil yang mayoritas rakyatnya beragama Katolik. Saya termasuk orang yang semula yakin bahwa David Luiz adalah seorang Katolik.

Tetapi saya kemudian ragu karena Luiz tidak seperti para pemain Brasil lainnya yang saat masuk dan keluar lapangan seperti saat masuk dan keluar gereja. Mereka selalu membuat tanda salib. Begitu juga setiap kali mencetak gol. Bahkan, nyaris mencetak gol saja diikuti tanda salib seperti yang setiap kali dilakukan oleh pemain terbaik dunia tiga kali dari Brasil, Ronaldinho. Praktek sepert ini juga jamak dilakukan para pemain Amerika Latin pada umumnya.

Tidak demikian dengan David Luiz. Setiap kali mencetak gol, Luiz hanya menengadah ke langit dan menunjukkan dua jari telunjuknya ke atas, tanpa tanda salib. Inilah yang membuat saya penasaran. Saya lalu mencari informasi soal agama pemain yang aslinya berposisi sebagai bek tengah ini, tetapi belakangan dipasang sebagai gelandang bertahan oleh pelatihnya di Chelsea, Rafael Benitez.

Dailymail.co.uk tertanggal 21 Oktober 2011 (ini linknya: http://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-2051837/David-Luizs-healing-hands-gimmick.html#ixzz2KCTRvjfV) menjawab pertanyaan dan rasa penasaran saya itu. Dalam beritanya berjudul "Luiz's 'healing hands' are no gimmick: Brazilian's faith runs deeper than helping Torres" disebutkan bahwa David Luiz adalah seorang penganut kristen yang taat. Tetapi dia bukan seorang penganut Katolik.

David Luiz yang berabut gimbal itu adalah anggota gereja "Atletas de Cristo" atau Gereja Atlet-atlet Kristus. Gereja ini didirikan di Brasil pada 1984 dan diperuntukkan bagi para olahragawan. Sebagai seorang Kristen, dia bangga dengan imannya serta praktek keagamaan yang dipeluknya itu.

Gereja ini juga diikuti oleh pemain sepakbola terkenal Brasil lainnya yang kini merumput di Real Madrid Ricardo Kaka dan mantan bek tangguh Tim Nasional Brasil, Lucio. Kaka adalah idola David Luiz baik di dalam maupun di luar lapangan.

Saat masih bermain di Portugal bersama Benfica pada 2011 lalu, sebelum ke Chelsea, David Luiz pernah berujar, "Segala sesuatu dalam hidup ini adalah milik Allah. Tujuan hidup kita sudah ditentukan oleh-Nya. Iman saya telah membantu saya untuk tampil lebih baik sebagai seorang pemain. Iman itu pula yang menguatkan saya dan menginspirasi saya."

Sebagai penganut gereja ini, David Luiz tidak canggung mempraktekkan agamanya di atas lapangan. Sebuah foto yang dimuat media Inggris tadi, seperti saya ambil di atas, memperlihatkan David Luiz sedang menumpangkan tangan kanannya di atas kepala rekan setimnya Fernando Torres, sementara tangan kirinya memegang pundak Torres. Pemain Nasional Spanyol ini sendiri memejamkan mata. Peristiwa ini terekam sesaat sebelum Chelsea menyikat klub Belgia, Genk, di ajang Liga Champions dengan skor 5-0.

Jadi, menjawab pertanyaan judul di atas tadi, Apa Agama David Luiz? Jawabannya pasti yaitu David Luiz bukan Katolik, tetapi penganut Gereja Atlet-atlet Kristus. (Alex Madji)

Foto: Dailymail.co.uk

2 komentar: