Rabu, 09 Januari 2013

Tips Nyaman Kerja di Musim Hujan


Musim hujan sudah tiba. Rabu, 9 Januari 2013, hujan mengguyur sejak pagi. Bahkan sejak tengah malam. Bagi sebagian orang, terutama tukang ojek payung, hujan berkepanjangan seperti ini membawa berkah. Mereka mendapat penghasilan dari pekerjaan mengojek payung dengan berbagai tarif.

Tetapi bagi orang lain, hal ini menjadi malapetaka. Hujan berkepanjangan, apalagi dengan intensitas yang besar, akan menyebabkan banjir. Kalau sudah begini, rentetannya menjadi panjang. Kemacetan pasti mengular. Dampak dari ini adalah mobil mogok dan stres.

Untuk menghindari itu banyak orang memilih naik kendaraan umum atau sepeda motor. Kendaraan yang terakhir itu lebih lincah, bisa meliuk-liuk di tengah kemacetan dan bisa keluar masuk gang untuk mencari jalan yang tidak tergenang air dan tidak macet. Tetapi pada saat bersamaan, naik motor pada musim hujan seperti ini sangat tidak nyaman. Apalagi kalau harus hujan-hujanan dari rumah.

Meski sudah mengenakan jas hujan, tetap saja tembus. Seorang teman kantor saya, pada Rabu, 9 Januari 2013, misalnya, celananya basah kuyup. Kursinya harus dialasi koran. Tetapi belum 15 menit dia duduk, koran-koran itu sudah hancur. Dia terpaksa tetap bekerja dengan celana yang basah itu. Masih banyak orang lain seperti dia.

Karena itu agar tetap nyaman bekerja di kantor, meski baru saja mengendarai motor hujan-hujanan dari rumah maka perlu ada trik. Pertama, siapkan pakaian ganti dari rumah baik pakaian luar maupun pakaian dalam lengkap dengan handuk kecil. Saya melakukan hal ini. Dari rumah, saya mengenakan celana pendek. Sementara pakaian kerja plus pakaian dalam dan handuk, saya siapkan dalam tas ransel. Sebab jas hujan saya, terutama celananya, pasti bocor. Dan benar saja. Setiba di kantor, celana saya kuyup. Saya lalu masuk kamar, melepas semua pakaian yang saya pakai dari rumah, lalu mengganti dengan pakaian yang di dalam tas, baru mulai bekerja. Cukup nyaman.

Kedua, siapkan pakaian secukupnya dan sepatu di locker kantor Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot bawa pakaian dalam tas. Tetapi bila di kantor tidak ada locker, maka tidak ada cara lain dari yang saya lakukan di atas.

Ketiga, bila Anda punya mobil, pakailah mobil Anda ke kantor karena pasti akan membaskan anda dari basah. Tetapi Anda harus siap mental untuk menghadapi kemacetan yang tidak terperikan dan genangan banjir di mana-mana.

Keempat, naik kendaraan umum. Tetapi basah tetap saja tidak bisa dihindari, terutama sebelum dan saat turun dari kendaraan umum. Maka, tetap siapkan pakaian ganti, terutama sepatu, di dalam tas kerja Anda supaya tetap nyaman bekerja di kantor. Akhirnya selamat mencoba. (Alex Madji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar