Senin, 19 November 2012

Youth Day 2013 Brasil, Visa Gratis


Hari ini, saya tidak mendapat inspirasi untuk mengisi blog ini. Saya lalu menemukan sebuah berita di website www.catholicnewsagency.com. Isinya tentang acara Youth Day atau hari kaum muda sedunia di Brasil tahun depan. Maka saya menterjemahkannya saja untuk blog ini.

Youth Day 2013 digelar di Rio de Jeneiro, sebuah kota metropolitan di Brasil. Bagi kaum muda dari seluruh dunia yang akan mengikuti kegiatan tersebut akan mendapat visa tanpa bayaran. Mereka bisa masuk ke Brasil dengan tidak mengeluarkan sepeser pun.

Ratusan ribu kaum muda dari seluruh dunia diperkirakan akan menyerbu Brasil pada musim panas tahun depan untuk mengikuti acara yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Paus Benediktus XVI. Youth Day Rio 2013 akan berlangsung selama lima hari dari 23-28 Juli 2013 di Rio de Jeneiro.

Para penyelenggara acara itu menyebutkan bahwa agar bisa mendapatkan visa gratis, para peserta perlu mengisi formulir yang diunduh dari website Kementerian Luar Negeri Brasil atau Kedutaan Besar Brasil di negara masing-masing. Yang penting mereka memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat untuk memperoleh visa.

Visa gratis ini akan berlaku selama 90 hari dan bisa didapat pada 28 Juli 2013. Sementara untuk para sukarelawan dari seluruh dunia bisa mendapat visa gratis yang masa berlakunya hingga satu tahun.

Membayangkan acara itu, memori saya langsung menuju Kota Rio de Jeneiro. Saya pernah berada di kota itu selama tiga hari saat mengikuti kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa tahun silam. Saya tidak melihat seluruh kota yang sangat besar itu. Saya hanya melihat di kawasan Copacabana, sebuah kawasan pantai yang eksotik seperti Balinya Indonesia.

Tetapi Copacabana jauh lebih eksotik dengan luas garis panti yang aduhai. Orang-orang di sana lalu lalang, berjogging ria dengan pakaian seadanya, bahkan ada yang hanya mengenakan CD dan bra. Lalu di sepanjang pantai penuh lapangan voli. Pria wanita dan anak-anak bermain voli. Tak peduli panas terik.

Setelah puas memandang pantai indah itu, saya lalu teringat pendakian dengan trem ke Gunung Corcovado, tempat di mana Patung Cristo Redentor berdiri tegak melindungi Rio de Jeneiro. Dari atas gunung batu itu, seluruh kota terlihat jelas. Tidak ada yang tersembunyi. Saya juga sudah pernah menulis tentang pengalaman ke Corcovado dalam blog ini.

Nah untuk kaum muda Katolik yang akan mengikuti Youth Day itu nanti, selamat ya. Selamat mengikuti acara itu dan selamat menikmati Rio de Jeneiro, terutama Pantai Copacabana-nya. (Alex Madji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar