Selasa, 20 November 2012

11 Bakal Capres dan Cawapres 2014


Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden (Pilpres) Indonesia tinggal dua tahun lagi. Sejak sekarang, sejumlah nama disebut-sebut sebagai bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada pemilu tersebut.

Sebelum artikel ini, saya sudah menulis beberapa artikel tentang tokoh-tokoh yang potensial muncul sebagai capres di blog ini. Yang paling mutahir adalah penyanyi dangdut Rhoma Irama yang ingin menjadi capres pada Pilpres mendatang. Sebelumnya lagi, saya menulis tentang Aburizal Bakrie yang disingkat dengan ARB, sebagai bakal capres yang sudah "mencuri" start kampanye Pilres dengan berbagai media.

Kali ini saya hanya mencoba membuat daftar para bakal capres dan cawapres pada pilpres mendatang sebagai rangkuman dari nama-nama yang sudah beredar luas di berbagai media massa.

1. Aburizal Bakrie atau ARB. Ketua Umum Golkar ini sudah pasti menjadi capres dari partai berlambang pohon beringin ini. Berdasarkan survei terbaru Lembaga Survei Nasional yang bekerja sama dengan Golkar, Golkar akan memenangkan Pemilu Legislatif 2014 mendatang dengan perolehan 18,1 persen suara. Karena itu, ARB membuka peluang menggaet calon dari Partai Demokrat sabagai Cawapres.

2. Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo. Dia adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat saat ini. Menurut Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso, ARB bukan tidak mungkin akan dipasang dengan adik kandung Ibu Ani Yudhoyno ini sebagai cawapres.

3. Megawati Soekarnoputri. Meskipun PDI Perjuangan belum menetapkannya sebagai capres, tetapi sejauh ini belum ada nama lain dari partai moncong putih itu yang disebut-sebut sebagai capres. Apalagi popularitasnya, berdasarkan survei berbagai lembaga, masih yang tertinggi di antara para bakal capres lainnya.

4. Prabowo Subianto. Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini juga sudah pasti menjadi capres partainya. Popularitasnya juga cukup tinggi bahkan melampaui ARB. Dia hanya kalah sedikit dari Megawati Soekarnoputri dari sudut popularitas dan elektabilitas.

5. Jusuf Kalla. Meski peluang masuk melalui pintu Golkar sudah tertutup, Jusuf Kalla juga disebut-sebut akan maju lagi pada Pilpres 2014. Pada 2009, dia kalah dari SBY-Boediono. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa Kalla akan dicalonkan oleh Partai Nasdem, bila partai itu berhasil memenuhi syarat mengajukan pasangan capres sendiri.

6. Kristiani Yudhoyono. Nama ini sempat disebut-sebut sebagai bakal capres dari Partai Demokrat. Meskipun beberapa kali dalam sambutan resmi menegaskan bahwa dia tidak akan mendorong anggota keluarganya pada Pilpres mendatang.

7. Hatta Radjasa. Ketua Umum PAN dan Menteri Koordinator Perekonomian ini juga akan diusung partainya sebagai capres. Hatta adalah juga besan SBY. Dan, penetuan capres Partai Demokrat pada 2014 akan sangat tergantung SBY. Bukan tidak mungkin faktor kekeluargaan ini akan sangat berpengaruh dalam kiprah politik Hatta Radjasa selanjutya.

8. Djoko Suyanto. Menteri Koordinator Politik dan Keamanan ini adalah mantan Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Dia digadang-gadang sebagai capres dari Partai Demokrat. Hubungannya dengan SBY juga dekat.

9. Anas Urbaningrum juga sempat disebut-sebut sebagai salah satu capres dari Partai Demokrat. Tetapi nama ini tenggelam setelah mencuatnya berbagai kasus korupsi yang sedang ditangani okeh KPK seperti kasus korupsi pembangunan wisma Atlet SEA Games Palembang dan proyek fasilitas olahraga Hambalang.

10. Rhoma Irama. Nama ini tiba-tiba muncul beberapa minggu terakhir. Yang memunculkannya adalah dia sendiri. Karena itu, sebagian publik menilai ini hanya lelucon belaka. Karena itu, di berbagai media sosial beredar foto Rhoma Irama dan Dorce Gamalama sebagai pasangan Capres dan cawapres.

11. Jokowi. Nomo Jokowi sempat disebut-sebut sebagai salah satu bakal cawapres 2014 menjelang pemilukada DKI Jakarta lalu. Meskipun Jokowi sendiri membantah isu tersebut. (Alex Madji)

Reaksi:

2 komentar: