Jumat, 30 November 2012

Ingin Blog Ini Jadi “Emas”


Jumat, 30 November 2011 saya mengunjungi blog milik Joko Susilo di www.jokosusilo.com. Blog ini sangat ramai. Hal itu terlihat dari jumlah komentar pada setiap artikelnya. Rata-rata di atas 100 komentar per artikel. Juga, jumlah yang like di page facebook-nya mencapai 43.071. Padahal, dari sudut “updating”, blog ini tidak di-update setiap hari. Sekali dua hari baru di-update. Tetapi setiap informasi yang disampaikannya adalah "emas". Pengetahuan dan informasi yang sangat berharga bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang mencintai dunia maya.

Dari sekian banyak artikel di sana, yang menyedot perhatian saya adalah tulisannya berjudul "9.157.946 View itu Dimulai dari Page View Pertama" yang diposting pada 15 November 2012. Artikel ini menceritakan catatan tentang jumlah halaman yang dilihat pemirsa blog tersebut sepanjang waktu sejak didirikan pada Januari 2008. Sepanjang sejarah blog itu, total pageview-nya sudah mencapai 9.157.946 kali. Luar biasa.

Begini penuturan dia, "Lama tak cek stat blog, tadi iseng-iseng buka statistik blog ini. Di statistik wordpress, tertera angka 9,157,946 views all-time. Artinya, blog JokoSusilo.com ini sudah dilihat sebanyak 9.157.946 kali. Ya, angka tersebut merupakan salah satu pencapaian yang diraih blog ini selama online di bloghosphere sejak Januari 2008."

Dia melanjutkan, "Jadi jika di Indonesia anggap misal ada sekitar 50-an juta pengguna internet, dan dianggap masing-masing visitor berkunjung sekali, berarti kira-kira satu dari lima pengguna internet di Indonesia pernah mengunjungi blog ini."

Membaca ini, saya langsung kecut. Pasalnya, blog saya ini masih jauh dari itu. Lebih dari itu, isi blog saya ini belum segmented dan terarah seperti dia. Tetapi pada saat bersamaan saya terlecut pesannya untuk terus maju dan membenahi blog ini. Sebab bukan tidak mungkin, blog ini akan sampai pada pencapaian seperti itu.

Saat ini, data per 30 November 2012, pageview sepanjang masa blog saya ini memang baru 102.811. Tetapi, menurut saya, angka ini cukup lumayan. Sebab, saya baru serius mengasuhnya selama hampir 1,5 tahun terakhir. Tentu saaya belum puas dengan capaian itu. Minimal, saya ingin seperti capaian Joko Susilo. Bila perlu lebih dari itu. Mudah-mudahan suatu saat blog ini bisa “emas” dan berguna bagi banyak orang..

Niat itu semakin diteguhkan oleh kata-kata Joko Susilo dalam artikelnya tadi. Dia menulis, "Apapun bidang kegiatan atau pekerjaan anda saat ini. Tak perlu minder atau merasa tak percaya diri dengan kondisi yang anda alami saat ini. Selalu optimis dengan apa yang anda harapkan. Bersyukur dengan apa yang diperoleh dan dialami. Dan tantang diri anda untuk meraih yang lebih baik lagi dengan doa dan berusaha." (Alex Madji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar