Jumat, 25 November 2011

Mengintip Blog Orang Terkenal


Kenal Budiono Darsono kan? Kalau tidak, terlalu. Dia adalah pendiri Detikom dan pemimpin redaksi portal berita terbesar di Indonesia itu. Ternyata, dia bukan hanya seorang entepreneur dan pemimpin redaksi. Dia juga seorang blogger handal dan aktif. Dia rajin menulis. Tentang apa saja. Muali dari kuliner, budaya, sampai tentang dirinya sendiri. Luar biasa.

Di sela-sela kesibukannya yang setumpuk, dia menyempatkan diri untuk menulis. Ya, mungkin karena menulis sudah menjadi DNA-nya. Maklum sebagian besar hidupnya habis di dunia jurnalistik. Dia malang melintang di berbagai media sebelum akhirnya mendirikan Detikom.

Tengok saja blognya di budiono.blogdetik.com. Di blog yang berwarna kepala orange ini, BD, begitu dia disapa, selalu memutakhirkan tulisannya. Setiap hari mantan wartawan Tempo dan Detik yang dibreidel rezim Soeharto ini selalu mengunggah satu tulisan.

Sebagai contoh, pada 20 November 2011, dia memuat tulisan berjudul “Cakar Ayam itu Membuat Gigiku Patah dan Ompong”. Lalu keesokan harinya dia memposting tulisan berjudul “Penjinak Asam Lambung: Alpukat Dipadu Yakult”. Lalu 22 November 2011, dia menulis tentang “Artis Tong Setan Itu Telah Bubar”. Tanggal 23 November 2011, dia menulis dengan judul “Menutup Ompong, Pilih Impalan atau Gigi Palsu”.

Lalu pada 24 dan 25 November dia masing-masing menulis tentang “Eks Tempo, Eks Surabaya Post dan Alumni Detik” serta “Dan Saya pun Terhindar Jadi Anak Buah Butet Kartaredjasa”. Hanya dua hari dia tidak meng-up date blognya, yaitu pada tanggal 18 dan 19 November 2011. Pada 17 November dia menulis tentang “Kepala Ikan: Medan Baru, Hunan Hingga Apolo”.

Tulisannya pun ringan. Santai dan pendek. Tidak bertele-tele. Gaya Tempo-nya terasa sangat kental dengan kalimat yang pendek-pendek. Menarik. Dan yang penting adalah informatif. Termasuk tentang ketika giginya patah dan harus ditambal atau diganti dengan gigi palsu.

Orang tenar lainnya yang sempat saya intip adalah Merry Riana. Dia entrepreneur, motivator perempuan nomor satu di Asia Tenggara. Dia perempuan kelahiran Jakarta tetapi menetap dan berbisnis di Singapura. Dia punya www.merryriana.com. Meski punya domain sendiri, website itu sebetulnya adalah sebuah blog. Coba saja tengok sendiri.

Isinya, kata-kata motivasi. Pendek-pendek. Hanya satu dua alinea. Terkadang ada satu artikel panjang dan ditulis dalam Bahasa Inggris. Mungkin karena dia tinggal di Singapura. Hanya satu artikel ditulis dalam Bahaysa Indonesia yang diposting pada 20 November 2011. Itupun tentang bukunya “Mimpi Sejuta Dolar” yang diterbitkan di Jakarta.

Isi blog Merry Riana ini lebih banyak tentang aktivitas dia sebagai seorang motivator ulung.

Dari sudut updating, Merry Riana tidak serajin Budiono Sudarsono. Merry Riana termasuk cukup jarang mengupdate blognya. Mungkin karena kesibukan yang luar biasa baik untuk mengurus bisnisnya sendiri maupun untuk berbicara di berbagai forum seminar.

Contohnya, pada bulan Juli Merry Riana hanya tiga kali meng-up date blognya yang pada tanggal 4, 24 dan 31 Juli. Begitupun Agustus. Dia hanya upload artikel pada 7, 9, dan 14 Agustus. Dia baru upload lagi pada 25 September. Selama Oktober Merry Riana tidak mengunggah satu tulisan pun. Dia baru mengunggah tulisan lagi pada 20 November 2011. Itu tulisan terakhir. Perihal bukunya “Mimpi Sejuta Dolar” yang diluncurkan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski demikian, blog Merry Riana paling banyak dikunjungi. Postingan terpopulernya dilihat sampai 97.032 kali. Hebat kan? Postingan-postingannya pun ditwit hingga 50-60-an kali.

Nah, saya pun ingin seperti mereka. Rajin seperti BD dan populer seperti Merry Riana. Menulis tentang apa saja dan memposting di blog ini www.ciar-ciar.blogspot.com. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang mengunjunginya. Dan Anda? Mau seperti mereka juga? Ayo mari kita memulai. (Alex Madji)

14 komentar:

  1. terima kasih atas infonya tentang 2 top blogger indonesia yaitu Budiono Darsono (Pendiri detik.com) dan Merry Riana (Motivator perempuan no 1 di Asia Tenggara)

    BalasHapus
  2. Sama-sama bos. Saya mau belajar dari keduanya dan ingin sukses seperti mereka. Ini mimpi saya.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Makasih blogwalkingnya bro. Sukses dengan blog Anda...

      Hapus
  4. Ayo kunjungi blog kita! Banyak baju murah dan keren loh! Kita buka mulai tanggal 25-05-2013!!! Ayo ayo! http://rahayaboutique.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Ini salah satu tokoh ispiratis sekali, konon dulu katanya awal membuat detik dia sellau begadang tiap hari, ets, bukan begadang sembarangan loh, hehe

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kalau baca biografi orang-orang sukses jadi semangat dan ingin berhasil seperti mereka juga. Sangat inspiratif, kesuksesan mereka pasti melalui kerja keras. Semoga bisa berhasil seperti mereka :)

    BalasHapus
  8. Nice posting gan, Benar, semua orang yg sukses pasti dimulai dengan kerja keras krn tidak ada hal yg instant di dunia ini. Mie instant aja kudu dimasak dulu. Hahahah...

    BalasHapus
  9. mantap artikelnya gan .di tunggu kunbalnya gan

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan. Semoga artikel ini senantiasa memberikan manfaat hehe

    BalasHapus