Sabtu, 20 Agustus 2011

Mengapung di "Laut Mati" Ancol


Salah satu kisah menarik tentang Laut Mati yang terletak di antara wilayah Israel, Palestina, dan Yordania adalah soal mengambang atau terapung di atas air. Yah, di Laut Mati, Anda bisa mengambang tanpa perlu takut tenggelam. Bahkan, Anda bisa tiduran sambil baca buku atau koran di atas air.

Konon, hal itu bisa terjadi karena kadar garam Laut Mati yang terbentuk tiga juta tahun silam itu sangat tinggi, yaitu 32 persen, jauh di atas kadar garam air laut mana pun di dunia yang hanya 3 persen. Hal itu terjadi karena iklim kering meningkatkan konsentrasi mineral di Laut Mati yang terbentuk dari retakan kecil di Jordan Riff Valey sehingga air laut masuk dan terkumpul membentuk danau itu.

Nah, apakah Anda pernah ke sana? Kalau belum, tidak perlu malu. Kita senasib. Saya juga belum pernah dan mungkin tak akan pernah ke sana. Selain jauh, biayanya juga mahal.

Tetapi, kalau hanya sekedar mau mengapung atau tidur di atas air, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Laut Mati di Tanah Suci itu. Yang dekat-dekat juga ada. Di Ancol, tepatnya di Gelanggang Samudra, ada satu kolam "Laut Mati". Biayanya murah meriah, apalagi kalau dapat voucer dari tempat kerja Anda.

Beberapa minggu lalu, tepatnya 7 Agustus 2011, kami sekeluarga ke Samudra Atlantis memanfaatkan fasilitas tiket gratis. Di situ ada sejumlah wahana seperti "sungai", luncuran, kolam renang, kolam ombak, plosotan untuk anak-anak, dan kolam untuk mainan anak. Tapi wahana-wahana seperti ini hampir ada di semua tempat rekreasi air. Paling tidak di tempat-tempat wisata air yang pernah saya kunjungi seperti Waterboom Cikarang, The Jungle Bogor, dan BSD.

Yang unik di Samudra Atlantis Ancol itu adalah "Laut Mati". Kolamnya kecil dan tidak dalam. Hanya setinggi pinggang orang dewasa. Letaknya persis di samping kolam renang besar. Dari pintu masuk, anda bisa ambil lintasan kiri atau kanan, pasti sampai di kolam yang terletak kamar mandi itu.

Airnya memang asin luar biasa. Kemungkinan kadar garamnya tinggi sekali. Karena itu tidak dianjurkan untuk menyelam. Seorang penjaga lengkap dengan pengeras suaranya, selalu mengingatkan pengunjung untuk tidak menyelam. Sebab, kolam itu hanya untuk mengapung.

Anda yang tidak bisa berenang, seperti saya, pun bisa mengapung. Tetapi Anda tidak diperkenankan mengampung sambil mengenakan baju, kecuali perempaun. Setelah bosan mengapung, Anda bisa keluar dari situ dan, sebelumnya, bilas pada dua shower yang ada di pintu masuk.

Enaknya lagi, Anda tidak dilarang bawa makanan dan minuman sendiri ke dalam Samudra Atlantis. Meskipun, di dalam Anda bisa beli makanan dan minuman. Tetapi lebih murah kalau bawa makanan dari luar atau dari rumah Anda.

Jadi, ngapain jauh-jauh ke Laut Mati kalau hanya sekedar merasakan mengapung dan mengambang di atas laut? Ke Samudra Atlantis saja. Murah meriah. (Alex Madji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar