Rabu, 03 Oktober 2012

Angelina Jolie Tidak Beragama, Juga Tidak Ateis


Melacak agama Aktris Hollywood Angelina Jolie tidak mudah. Tidak ada satu sumber pun yang memberi isyarat satu agama yang dianut artis yang sudah tiga kali menikah itu. Jolie sendiri menegaskan bahwa dia tidak menganut satu agama apa pun. Tetapi pada saat bersamaan dia juga tidak terang-terangan mengungkapkan diri sebagai seorang ateis (tidak beragama), seperti yang dilakukan artis-artis lainnya.

Tetapi perempuan cantik ini bertumbuh di dalam sebuah keluarga Katolik yang taat. Ibunya, Marcheline Bertrand yang menikah dengan Jon Voight dan melahirkan Angelina Jolie pada 4 Juni 1975, adalah seorang penganut Katolik yang taat. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Angelina Jolie dalam sebuah wawancara yang dimuat di www.parade.com, 9 Juli 2010.

"Ibu saya memiliki iman yang indah. Dia mencintai Yesus. Dia seorang katolik dan memiliki kenangan yang indah tentang pertumbuhan imannya. Dia suka ke gereja. Dia juga tahu bahwa ada hal-hal yang pasti di dalam gereja yang begitu ekstrim untuk kehidupan modern. Dia tidak menerima semua ajaran gereja dan kadang melawan gereja. Tetapi dia tetap berjalan bersama Yesus. Saya melihat spiritualitasnya sangat indah. Kalau kami tidak ke gereja pada hari Minggu, dia bilang, Tuhan menginginkan saya menghabiskan waktu bersama ana-anak saya, tertawa dengan mereka. Itulah Allah yang saya percaya, Allah yang menginginkan. Ibu saya benar dan kami melewati hari-hari yang indah dan menyenangkan," kata Angelina Jolie dalam wancara tersebut

Meski bertumbuh dalam keluarga seperti itu, dalam proses pertumbuhan selanjutnya, agama Angelina Jolie menjadi tidak jelas. Dalam setiap wawancara dengannya, masalah yang satu ini sulit terungkap. Paling tidak, sampai tahun 2000, Angelilna Jolie tidak punya agama khusus, dan secara personal merasa tidak butuh Allah, juga tidak suka dengan kekuasaan yang berdasarkan agama. Tetapi dia juga tidak berani mendeklarasikan dirinya sebagai ateis. Dia hanya berharap, Allah itu mengulurkan tangannya kepada mereka yang mengabdikan hidupnya berdasarkan kepercayaan agama yang dianutnya.

Sebuah website A.V Club yang berafiliasi dengan majalah The Onion pernah melontarkan pertanyaan, "Apakah Tuhan itu ada?" kepada sekelompok artis. Ada 52 orang artis yang menjawab pertanyaan itu, termasuk Angelina Jolie. Istri Brad Pitt ini menjawab, "Hmm...untuk beberapa orang. Saya harap seperti itu untuk mereka. Bagi mereka yang percaya, saya berharap seperti itu. Bagi saya tidak perlu ada Allah. Ada sesuatu dalam spiritual orang yang terasa seperti allah. Saya tidak merasa melakukan sesuatu hanya karena orang mengatakan, tetapi juga tidak sungguh tahu kalau itu lebih baik daripada tidak percaya sama sekali."

Pernyataan ini menurut www.atheistrev.com merupakan indikasi sangat jelas bahwa mantan istri Jonny Lee Miller (1996-1999) itu adalah seorang ateis, meskipun dia tidak secara jelas tegas memproklamirkannya.

Budhis
Sejumlah spekulasi kemudian menyebutkan bahwa sekarang mantan suami Billy Bob Thornton (2000-2003) itu memeluk Budha. Bahkan ada rumor yang menyebutkan bahwa pernikahannya dengan Brad Pitt pada 2005 dilakukan dalam tata cara Budha. Tetapi dia sama sekali tidak memperlihatkan diri sebagai seorang penganut Budha yang taat.

Spekulasi itu kemungkinan muncul karena Angelina Jolie memiliki seorang anak angkat dari Kamboja bernama Maddox Chivan yang diadopsinya sejak umur delapan bulan. Anak yang lahir di Rath Vibol, Phnom Penh 5 Agustus 2001 ini tetap menganut Agama Budha. "Saya punya seorang anak (angkat) bergama Budha. Kami menghabiskan banyak waktu di rumah kami di Kamboja. Saya belajar tentang Budisme dan saya mengajarinya sejauh saya bisa. Dia (anak angkatnya) menghabiskan banyak waktu bersama para biarawan Budha dan dia belajar dari mereka (para biarawan)," kata Jolie menceritakan aktivitasnya bersama anak angkatnya itu.

Jolie juga memiliki seorang anak angkat dari Etiopia bernama Zahara Marley yang diadopsi ketika masih berumur enam bulan. Zahara lahir di Yemsrach pada 8 Januari 2005 dari seorang janda pengidap HIV AIDS. Untunglah Zahara sendiri kemudian dinyatakan negatif virus maut itu. "Saya akan memiliki satu orang (anak angkat) beragama Kristen dan Muslim," kata Jolie lagi.

Meski tidak beragama, Jolie mengaku menghormati semua agama. Dalam wawancara lanjutan yang dimuat parade.com, Jolie menegaskan, "Saya menghormati semua agama. Yang saya tidak hormati adalah ketika orang menggunakan agama untuk menyerang yang lain. Saya sudah bertemu banyak orang di seluruh dunia, dengan mereka yang berjuang untuk bertahan hidup. Mereka semua beragama. Kadang agama bisa membantu mereka dan saya tidak akan mengambil mereka dari sana. Tetapi ada juga orang yang memanfaatkan itu untuk membenci dan membunuh. Saya tidak yakin mereka orang beragama."

Berangkat dari kehidupan keagamaannya sendiri, Jolie mengaku akan memberi kebebasan kepada anak-anaknya untuk memilih agama sesuai keyakinannya sendiri. Dan, dia bersama suami ketiganya saat ini Brad Pitt mengajarkan semua agama kepada anak-anaknya. Karena itu di rumah mereka kitab suci berbagai agama tersedia. Ada Injil, Taurat, Alquran dan lainnya. "Kami akan membawa mereka ke gereja, tempel, mengikuti upacara-upacara Budha, masjid dan mengajar mereka tentang semua keyakinan. Biarkan mereka memilih sendiri, agama yang akan dianutnya," ungkapnya dalam wawancara dengan parade.com.

Meski Angelina Jolie nyaman dengan status agama yang tidak jelas, ternyata sang mertua, ibu Brad Pitt, Jane Pitt berang. Bahkan sang mertua sudah membeli sebuah Alkitab sebagai hadiah perkawinan untuk menantunya itu agar bertobat. Gossipcop.com dalam sebuah artikerlnya berjudul, "Angelina Jolie Fighting Brad Pitt's Mom Jane Over Religion" yang diposting pada 18 Juli 2012 pukul 12.58, mengutip "The National Enquirer", menyebutkan bahwa ibu Brad Pitt, Jane Pitt "perang suci" dengan Angelina Jolie.

Enquirer menyebutkan bahwa Jane Pitt sudah membeli sebuah Alkitab untuk dihadiahkan kepada Angelina Jolie guna menyelamatkan nasib menantunya itu. "Jane membeli sebuah Alkitab beberapa minggu lalu untuk membantu menyelamatkan jiwa Angelina dan membawanya lebih dekat dengan Tuhan," jelas nara sumber yang disebut sebagai orang lingkaran dalam keluarga itu sambil menambahkan, "dan berdoa bersamanya agar hidup Brad dan Angelina berlangsung baik."

Masih menurut Enquirer, ketika Angelina mendengar khabar bahwa mertuanya mendoakannya, dia pun berang. Angelina Jolie, menurut orang lingkaran dalamnya, juga sudah muak dengan sang mertua, Jane Pitt. Tak pelak, aksi Jane ini membuat hubungannya dengan sang mertua semakin membeku.

Apapun agama Angelina Jolie, kini dia terlibat aktif dalam misi kemanusiaan. Dia menjadi Duta UNHCR yang mengurus pengungsi. Dia bepergian ke daerah-daerah konflik untuk menyelamatkan jiwa manusia tanpa peduli apa agama mereka. Mungkin yang terpenting bagi Jolie adalah berbuat baik kepada sesama tanpa dibungkus dengan agama tertentu. Kamusiaan adalah “agama” universal. (Alex Madji)

8 komentar:

  1. makasih kepada mas admin karena sudah mengulas habis identitas aktris hollywood idola saya,, walaupun pada akhirnya punya kesimpulan percaya ga percaya sih.. :D

    oya sekedar meluruskan sejauh yg saya tau pernikahan brangelina adalah gosip infotainment yg tidak pernah jadi kenyataan, mrka udah tinggal seruamah dalam kurun waktu yg sangat lama, meski anak-anak kepengen mereka menikah seperti pasangan suami-istri lainnya, tapi jolie tetap beranggapan bahwa satu-satunya yang mengikat kebersamaannya dengan brad adalah kehadiran anak-anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Obat kangker payudara atas komennya pada artikel ini. Makasih juga atas catatannya, meski fokus saya bukan pada masalah perceriaannya. Tetapi pada agamanya. Anyway, thanks atas apresiasinya.

      Hapus
  2. waduhh ko bida yah ngak beragama .. eh itu privasi orang lain , heheh :)
    makasih mas infonya . di up date terus gan postinya biar sering2 berkunjung :)

    BalasHapus
  3. Tak punya pegangan ya.. Bahkan atheis pun bukan hmmmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuhh kasian jiwa si angelina.. Mungkin karna blm prnah blm prnah mati suri kayak aku.. Atau mungkin blm prnah ketemu yesus pd saat mimpi atau tanda2 lainnya yng mnunjukan bahwa dia hrs brtobat.

      Hapus
    2. Bukan atheis dan bukan theis. Itu agnostic

      Hapus
  4. Yesu Berkata: Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup Iman Tanpa perbuatan adalah Mati tindakan Cinta Kasih itu sendiri yang menunjukan Iman anda akan Yesus Salut buat Angelina ngaku pengikut Yesus harus rela berkorban seperti Angelina Jolie dan Brad Pitt

    BalasHapus