Rabu, 04 Januari 2012

Be Passion


Saya baru rampung membaca buku “Your Journey To Be The UltimateU” karya Rene Suhardono. Judulnya Bahasa Inggris. Tetapi ditulis dalam Bahasa Indonesia. Seperti saya janjikan pada artikel sebelumnya, “Penghujung Tahun di Oh La La”, saya membagikan isi buku itu kepada Anda.

Buku ini adalah kumpulan tulisan Rene di klasika Kompas setiap hari Sabtu. Juga merupakan lanjutan dari buku pertamanya berjudul “Your Job is NOT Your Career”. Karena itu, dia menganjurkan supaya sebelum baca buku ini, baca dulu buku pertama tersebut.

Bahkan dia meminta, jangan hanya membaca buku setebal 261 halaman plus halaman-halaman komentar dan kata pengantar dari halaman pertama sampai akhir. Perlu waktu satu hari untuk merenung topik demi topik. Benar juga sih. Tanpa waktu merenung, buku ini bisa dibaca hanya dalam beberapa jam. Bahasanya ringan, enak dibaca, dan mudah dimengerti. Meskipun substansi yang disajikan sulit.

Buku ini sebenarnya membahas dua kata “passion” dan “purpose”. Dia mendefinisikan passion sebagai, “Segala hal sangat, sangat, sangat diminati sehingga tidak pernah terpikir untuk tidak mengerjakannya.” Tetapi passion tidak sama dengan hobi, meskipun mirip. Passion adalah anak tangga pertama sebuah perjalanan karier. Sementara purpose adalah hal-hal yang dinilai super sehingga harus dicapai.

Tetapi karier tidak sama dengan kerja. Karier lebih mengenai diri sendiri. Karier bicara soal pemenuhan kebahagian dan ketercapaian. Sementara pekerjaan hanya alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dan alat bagi individu untuk terus tumbuh sebagai pribadi dan professional. Seseorang bisa dipecat dari pekerjaan, tetapi tidak dari karier.

Passion akan memberi nilai tambah pada pekerjaan. Tanpa passion, kerja hanya sekedar untuk mendapatkan gaji dan fasilitas kerja lainnya. Tanpa passion, pekerjaan menjadi rutinitas dan lambat laun dijalani karena keterpaksaan saja. Tetapi dengan passion, pekerjaan dilakukan dengan hati dan senang. Dengan passion kita bakal menikmati pekerjaan kita. Dengan passion aktivitas paling menantang sekalipun tetap akan menyenangkan.

Lebih dari itu, passion akan mengubah diri sendiri dan bahkan mengubah dunia. Google dan Facebook menjadi raksasa teknologi dan bisa mengubah dunia berawal dari passion. Tetapi untuk bisa mengubah diri sendiri dan dunia, ada banyak hal yang diperlukan dan menjadi syarat.

Seperti terus bermimpi, belajar dari pengalaman, mau mendengar, percaya diri, berkontribusi, tidak takut gagal, hidup ugahari, tetapkan prioritas, jaga keseimbangan antara kerja dan keluarga, menjalin relasi yang luas, punya visi, misi, berani memulai tanpa menjadikan modal sebagai penghalang memulai usaha, punya target, cinta, dan masih banyak lagi. Semua hal itu dibahas Rene dalam 40 bab bukunya.

Intinya kesuksesan tidak bisa diraih dengan semudah membalik telapak tangan. Tetapi kesuksesan tidak hanya diukur dengan harta yang bisa ditumpuk dan jabatan yang dipandang. Dalam passion, kesuksesan hanyalah buah atau hasil. Jadi kesuksesan tidak hanya diukur dari hasil, tetapi juga dari proses.

Lalu bagaimana Anda tahu bahwa Anda memiliki passion? Ciri-cirinya sederhana. Anda dikuasai oleh semacam keresahan positif untuk selalu berkreasi, berkarya dan berkontribusi. Keresahan mendera kalau hari ini tidak lebih baik dari kemarin dan semangat untuk memastikan bahwa besok akan lebih baik dari hari ini.

Nah sekarang tinggal melihat ke dalam diri dan cocokkan dengan cirri-ciri itu. Kalau sudah ada passion, tinggal dijalankan dengan sejumlah syarat di atas. Maka pasti Anda akan memetik kesuksesan. Selamat mencoba. (Alex Madji)

1 komentar:

  1. Halo,

    Nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus