Senin, 20 Juni 2011

Berburu Barang Bermerek di Sogo Jongkok BTC


Anda ingin mendapat barang-barang bermerek dengan harga miring? Cobalah berkunjung ke Bintaro Trade Center (BTC). Ini salah satu alternatif. Letaknya cukup strategis. Bila ikut tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JOR), Anda keluar di Pondok Aren, lalu menuju ke Bintaro.

Menjelang jembatan layang Bintaro (yang sedang dibangun) Anda belok kiri. Lalu jalanlah pelan-pelan dan siap-siap masuk BTC. Di kawasan itu banyak pedagang kaki lima menjajakan dagangan. Ada pakaian, sepatu, tas, mainan anak-anak, dan masih banyak lagi. Semuanya bermerek.

Kalau sudah capek berkeliling dan kelaparan, jangan khawatir. Di situ juga ada penjual makanan yang siap memanjakan lidah Anda.

Sebenarnya ini adalah pasar kaget. Aslinya, BTC itu adalah deretan rumah toko (ruko). Karena pasar kaget, maka tidak dibuka setiap hari. Hanya sekali seminggu yaitu pada hari Minggu. Meski begitu, sesungguhnya para pedagang sudah ada di tempat itu sejak Sabtu sore.

Minggu, 19 Juni 2011, setelah pulang Gereja Santa Mari Regina (Sanmare) yang terletak tidak jauh dari BTC, kami mampir sebentar di situ. Kami jumpai sepatu-sepatu bermerek seperti Geox, Kickers, Adidas, dan merek-berek kenamaan lainnya. Merek boleh keren, tetapi harganya miring. Original dan bisa ditawar pula. Mak tak pelak, BTC menjadi Sogo Jongkok.

Sebagai contoh, saya membeli sepasang sepatu Kickers hanya dengan harga Rp 190.000. Tadinya dijual Rp 200.000. Tetapi setelah ditawar, hanya boleh turun Rp 10.000 ke Rp 190.000. Coba bandingkan harga sepatu dengan merek yang sama di etalase-etalase mal-mal berbintang di Jakarta.

Saya juga membeli sepatu sandal Geox untuk anak saya dengan harga Rp 100.000 dari Rp 125.000 yang ditawarkan. Saya pernah menyanyakan harga sandal serupa di sebuah mal di Jakarta. Astaga, harganya hampir dua kali lipat.

Menurut salah seorang penjual sepatu-sepatu bermerek itu, barang-barang yang mereka jual original dan dijamin kualitasnya. Lalu kenapa dijual murah? Menurut dia, barang-barang itu adalah produk-produk yang mengalami sedikit cacat. Dan, mereka mengambilnya langsung dari pabrik. Tetapi kalau kita jeli, kata dia, tidak sedikit barang yang tanpa cacat alias mulus.

Nah, Anda tidak percaya? Buktikan saja sendiri. Silahkan datang ke BTC setiap hari Minggu. [Alex Madji]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar