Rabu, 28 Desember 2011

Catatan Akhir Tahun


Akhir 2011 tinggal tiga hari lagi. Di ujung tahun ini, saya ingin membuat catatan akhir. Bukan seperti yang dilakukan media-media main stream. Tetapi catatan akhir tahun hanya tentang blog ini. Mengapa? Karena dalam enam bulan terakhir, pertumbuhan blog ini sangat signifikan.

Blog www.ciar-ciar.blogspot.com ini sebenarnya sudah dibuat pada akhir 2009. Tetapi baru mulai diisi Mei 2010 dan berhenti Juli 2010. Jadi hanya aktif selama tiga bulan. Setelah itu, blog ini tidur panjang.

Saya baru bangun dari tidur panjang itu setahun kemudian, tepatnya pada Juni 2011. Artikel pertama yang saya tulis berjudul “Mea Culpa” (Saya Mengaku). Mengaku salah karena tidak rutin meng-update blog ini.

Sejak itu, blog ini rutin diisi. Mula sekali seminggu, lalu dua tiga hari sekali. Malahan pada satu bulan terakhir, diisi hampir setiap hari kerja dengan berbagai macam topik bahasan mulai dari masalah umum sampai masalah pribadi saya. Kecuali pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

Sejak rutin diisi, menurut data yang disajikan Blogspot.com, statistik tayangan dan pemirsa blog ini meningkat sangat tajam. Saya masih ingat, pada Juni 2011, jumlah halaman yang dilihat pemirsa hanya 700-an. Tetapi hingga tulisan ini dibuat, pada Rabu, 28 Desember 2011, jumlah halaman yang ditayang mencapai 11.106. Sedangkan jumlah pemirsanya 9.913 dengan perincian: Indonesia (8.790), Amerika Serikat (412), Portugis (156), Britania Raya (141), Malaysia (140), Rusia (90), Jerman (72), Belanda (48), Australia (35), dan Jepang (29).

Jumlah pemirsa setiap hari selalu lebih dari 100. Bahkan pernah mencapai lebih dari 200 pemirsa sehari.

Sementara lima artikel terpopuler sepanjang waktu adalah: Merry Riana, Kisah Sukses Seorang Sales Asuransi (237 Penayangan), Jakob Oetama Itu Katolik (201 Penayangan), Yoga Massal (102 Penayangan), Mau Cantik? Minum Air Putih yang Banyak (100 Penayangan), dan Kelakuan Dahlan Iskan (98 Penayangan).

Meningkatnya jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat tidak terlepas dari sejumlah upaya yang saya lakukan mengikuti trik dan taktik yang dipaparkan dalam sejumlah buku tentang blog. Sejauh ini, baru dua dari beberapa langkah yang saya lakukan yaitu mengisi secara rutin dan blogwalking (bersiarah ke blog lain sambil meninggalkan pesan atau komentar).

Saya berharap, jumlah pengunjung blog ini akan terus meningkat pada tahun depan. Anda yang sudah berkunjung ke sini, saya berharap tidak pernah bosan datang kembali. Saya akan terus mengupatenya, seperti resolusi saya pada artikel “Resolusi Saya” di blog ini.

Sementara dari segi tampilan, blog ini memang masih sederhana dan mungkin tidak memuaskan Anda. Template yang dipakai pun gratisan. Bahkan saya masih belum bisa mengganti foto-foto utama pada template gratisan ini. Foto-foto dengan caption Bahasa Inggris di atas adalah gambar bawaan. Untuk itu, saya mohon maaf kepada pembaca yang terganggu dengan gambar itu. Saya terus berusaha menemukan solusinya. Semoga bisa dan selamat memasuki tahun baru, 2012. (Alex Madji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar