Senin, 12 September 2011

Sepotong Senja di Deltamas


Sabtu, 10 September 2011. Senja tiba. Matahari memerah perlahan turun di balik ufuk. Angin semilir berhembus perlahan membuai kami yang sedang duduk di salah satu saung Restoran "Alam Sari", Kota Deltamas, Cikarang.

Hamparan danau buatan membentang di depan. Di seberang sana, kendaran lalu lalang melintasi tol Jakarta-Cikampek. Ramainya minta ampun. Sementara beberapa lelaki paruh baya naik sampan bambu mencari ikan di danau tesebut. Sedangkan segerombalan anak kecil, tamu-tamu yang mampir di restoran itu, bermain di pinggir danau, menikmati semilir angin yang berhembus.

Sementara Restoran Alam sari sangat sejuk. Saung-saung berdiri di antara rimbunan pohon. Kini, tempat itu sudah jadi hutan. Teduh dan sejuk. Di balik pohon-pohon itu, kami mengintip sun set. Mempesona. Serasa berada di perkampungan yang jauh dari ibu kota Jakarta.

Dari kejauhan, terdengar suara kodok sahut menyahut dari balik batang-batang padi di petak-petak sawah di antara saung di kompleks restoran tersebut. "Benar, itu suara kodok pak," kata salah satu pramu saji di restoran yang terletak di bibir jalan tol Jakarta-Cikampek, kompleks perumahan Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat itu.

Ini untuk kedua kalinya saya datang ke Alam Sari. Beberapa tahun lalu, saya mampir di sini. Tapi suasananya masih gersang dan panas. Pohon-pohonnya belum rindang. Beberapa pohon, baru ditanam. Sebagian sudah bertumbuh tetapi dedaunan pohon itu belum rimbun.

Tetapi kali ini suasananya sudah berbeda. Semua pohon sudah besar. Saung-saung yang berjejer di pinggir danau itu sudah tertutup pohon. Suasananya lebih gelap. Makin romantis, ketika mentari sore menghilang, lilin-lilin di saung dinyalakan. Romantis sekali.

Selain suasana yang teduh, sejuk, dan romantis itu, makanannya juga lumayan enak. Berbagai makanan seperti ikan dengan berbagai macam cara masak lumayan enak dilidah dengan harga cukup terjangkau. Sayang, jus-jusnya seperti jus mangga rasanya terlalu manis dan ada rasa nutrisarinya. Jus alpokad juga terlalu banyak susunya. Sementara es kelapa muda, tidak asli lagi. Sebab, ke dalam air kelapa yang ada di dalam tempurung ditambahkan gula. Malahan, rasa gulanya terlalu kental. Inilah yang membuat kurang maknyus sore itu.

Nah, mau coba sendiri? Silahkan datang ke sana. Kalau Anda dari arah Jakarta, Anda bisa melewati Tol Jakarta-Cikampek dan keluar pintu tol Kota Deltamas. Kalau Anda datang dari arah Bandung atau Jawa, Anda juga kelaur pintu tol Kota Deltamas. Begitu keluar tol, sudah terlihat tulisan restoran Alam Sari di sebelah kiri.

Setelah keluar tol, di lampu merah di depan kantor pemasaran, Anda belok kiri. Tak jauh dari itu Anda belok kiri lagi melewati jalan yang membelah bukit yang di atasnya ada tulisan "Kota Deltamas" sebelum akhirnya berhenti di Alam Sari. Selamat menjajal. (Alex Madji)

1 komentar: