Senin, 19 September 2011

Menunggu Cerita Sukses


Sabtu, 17 September 2011 lalu, saya diundang pada peluncuran sebuah portal berita di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Namanya, www.wartaukm.com. Situs ini konsen pada berita-berita usaha mikro kecil menengah (UMKM). Mengapa sektor ini yang dipilih? Menurut mereka, belum banyak media yang mengkhususkan diri pada sektor usaha ini karena hampir pasti tidak ada uangnya.

Padahal, UMKM menjadi salah satu penopang utama perekonomian bangsa ini. UMKM tidak goyah ditiup angin krisis. Itu terbukti pada 1998 dan 2008-2009. Ironisnya, pemerintah terkesan tidak serius menglola sektor ini.

Acara peluncuran portal berita itu sangat-sangat sederhana. Meski demikian, mimpi dan semangat para pendirinya besar. Itu terlihat pada wajah-wajah ceria mereka. Seyum terus tersungging saat bel peluncuran situs itu dibunyikan.

Pendiri dan awaknya masih muda-muda. Sudah barang tentu semangat mereka menyala-nyala. Bahkan, kadang-kadang, emosinya meledak-ledak.

Bisnis online ini sudah muncul satu decade lalu, pasca krisis keuangan 1997-1998. Ketika itu muncul macam-macam portal berita. Sebut saja sebagai contoh: detik.com, satunet, astaga, lippostar dan masih banyak lagi. Tetapi tidak banyak yang bertahan. Satu demi satu rontok. Satu-satunya yang bertahan dan mampu berkibar adalah detik.com. Kini, portal berita terdepan di Indonesia sudah pindah kepemilikan.

Portal berita ini lahir di tengah menjamurnya bisnis online, baik toko online maupun situs berita. Banyak portal berita yang baru didirikan kemudian berkembang pesat. Bahkan sejumlah konglomerat terjun ke bisnis ini dengan membeli portal berita yang sudah ada dan baru didirikan oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang bisnis sekalipun. Boleh dikatakan, ini adalah saat booming kembalinya bisnis online setelah sempat anjlok pada satu dekade terakhir.

Pada periode ini, banyak pendatang baru. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan begitu banyak kemudahan, siapa pun bisa membuat usaha online, dengan tanpa modal sekalipun.

Menurut para pengamat, kali ini bisnis online ini akan jauh lebih bertahan dan kuat karena fondasi ekonominya cukup bagus. Karena itu, kalau pendapat para ahli ini benar, maka probabilitas untuk bertahan dan sukses cukup besar. Tinggal disertai kerja keras, kerja cerdas, ketekunan dan kesabaran. Ini modal untuk maju dan bertahan. Lebih bagus lagi, kalau ada modal besar pula.

Kelompok anak muda tadi memiliki idealisme dan mimpi besar. Dan, saya kira, mereka memiliki modal dasar ini. Meskipun, mereka sama sekali tidak memiliki. Lalu, apakah mereka bisa maju? Bisa. Tidak ada yang mustahil. Apalagi kalau mereka kerja keras, komit pada mimpi besar mereka, tekun dan inovatif plus ada pemodal yang mau berinvestasi. Karena itu mari kita tunggu cerita sukses dari anak-anak muda yang membidani lahirnya www.wartaukm.com ini. (Alex Madji)

1 komentar: