Rabu, 01 Februari 2012

Melacak Agama Ibrahimovic


Orang Indonesia gemar mencari tahu agama orang-orang terkenal dan public figure dari berbagai profesi. Entah kenapa. Mungkin karena di Indonesia agama bukan urusan privat. Tetapi berada di ranah publik. Beda dengan negara-negara barat yang tidak peduli dengan agama seseorang. Sebab bagi mereka, agama menyangkut hubungan personal dengan Yang Di Atas. Sementara di Indonesia, agama yang seharusnya urusan personal selalu memiliki aspek sosial.

Untuk memenuhi kegemaran dan keingintahuan itu, saya mencoba menelusuri agama salah satu orang terkenal di dunia, yaitu pesepakbola yang kini merumput di klub Seri A Italia, AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.

Untuk melacak agama Zlatan Ibrahimovic, maka hal yang harus diketahui adalah latar belakang keluarganya. Kedua orang tuanya adalah imigran dari bekas negara Yugslavia ke Swedia.

Bapaknya bernama Sefik Ibrahimovic. Dia lahir di Bijeljina, Bosnia. Sedangkan ibunya adalah Jurka Gravic lahir di Zadar, Kroasia. Sefik beragama Islam, sedangkan Jurka disebut beragama Kristen. Keduanya bertemu di Swedia, lalu pacaran, dan kemudian menikah campur. Dari hasil pernikahan itu, lahirlah Zlatan Ibrahimovic pada 3 Oktober 1981 di Malmo. Dia bertumbuh di Rosengard, tetangga Malmo yang terkenal dengan komunitas imigrannya. Zlatan yang berarti gold, emas memiliki tiga saudari dan dua saudara.

Meski ayahnya Muslim dan ibunya Kristen, sejumlah sumber menyebutkan bahwa Zlatan tidak terlalu peduli dengan dua agama itu. Tetapi menurut http://en.wikipedia.org/wiki/Zlatan_Ibrahimovi%C4%87, “Ibrahimović is a Catholic Christian.” Ibrahimovic adalah seorang Katolik.

Setelah besar, Ibrahimovic berpacaran dan hidup bersama dengan Helena Seger, seorang model dan bintang iklan Swedia. Mereka memiliki dua putra bernama Maximilian yang lahir pada 22 September 2006 dan Vincent yang lahir pada 6 Maret 2008.

Zlatan kini tinggal di sebuah rumah mewah di Kota Milan bersama Helena dan dua putranya. Setiap musim panas, selalu pulang kampung ke Malmo, Swedia. Ibrahimovic memiliki koleksi mobil mewah seperti sebuah Volvo C30 TS, sebuah Ferrari Enzo, Spider 360, sebuah Porsche Carrera, dan Audi S8. Masih ada sejumlah koleksi lainnya.

Lalu apa agama Zlatan Ibrahimovic? Apakah Katolik seperti kata Wikipedia di atas atau Islam seperti dipahami banyak orang selama ini? Tidak penting. Sebab itu bukan urusan kita. Itu urusan personal Zlatan yang memegang sabuk hitam takewondo itu. Yang pasti, salah satu tato pada tubuhnya yang terletak persis di samping perut sebelah kiri tertera kalimat ini, “Only God Can Judge Me” (Hanya Tuhan yang Bisa mengadili saya). Ini mencerminkan religiositas Zlatan Ibrahimovic, apa pun agamanya.

Reaksi:

19 komentar:

  1. Orang indonesia memang kurang kerjaan, ngurusin orang asing. Paling2 cuma dari nama bapaknya yang berbau islam makanya langsung latah ngomongin agamanya. Satu, di tv pernah terlihat dia minum pas perayaan, dua, tatoo dilarang di islam, tiga, anak2nya tidak mempunyai nama islam. Lebih meyakinkan mana? gosip atau wikipedia yang bersumber?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. emangnya agama penting apah? buat orang eropa mah mau beragama ato gak tetep aja kena krisis ekonomi.. Setelah jaman enlightening, agama dianggap penghalang kemajuan umat manusia terutama agama katolik waktu jaman itu.' So,only 'only god can judge me' bisa diartikan sebagai agnostikme.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para pengunjung, makasih ya atas komentar pada tulisan ini.

      Hapus
  3. wahhah kalo tau gak di endingnya kaya gitu buat apa bikin judul nya itu gan ??

    BalasHapus
  4. Kalau sama2 ragu, mendingan besok aku pinjem KTP-nya zlatan aja sebentar.. spy tahu jawabannya yang pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dapat belum ktpnya bro? Minta foto kopiannya dong wkwkwkw

      Hapus
    2. lha itu ID Card di LN ga ada harus mencantumkan agama nya apa, makanya di Indonesia masih rasis dan fanatic agama tha's suck!

      Hapus
  5. bila dia muslim ya wajar wong bapaknya muslim, tapi bila dia katholik ya doakan biar ikut agama moyang bapaknya (bosnia) yang mayoritas muslim spt Indonesia ..... tetapi beragama adalah hak asasi manusia bukan ?

    BalasHapus
  6. @Anonim: Betul gan...biarkan dia ngurus agamanya sendir, apapun agama dia.

    BalasHapus
  7. Lalu apa agama Zlatan Ibrahimovic? Apakah Katolik seperti kata Wikipedia di atas atau Islam seperti dipahami banyak orang selama ini? Tidak penting. Sebab itu bukan urusan kita. --> setuju dengan tulisan ini.

    BalasHapus
  8. yang jelas dia puya satu TUHAN . .

    BalasHapus
  9. Yg jels tuhn ny bkn hewan dan wujudny tak tampaK selaykny mnusia biasa

    BalasHapus
  10. emang agama islam bisa buat dampak apa coba.....? islam itu gak tau apa2....coba klo saya punya segalanya dan juga bisa membuat hati masyarakat indonesia sakit. gara 2 tulisan gue diatas....oky bro, jangan lagi komentar...titik titik.....kurang ajar islam.

    BalasHapus