Rabu, 01 Februari 2012

Melacak Agama Ibrahimovic


Orang Indonesia gemar mencari tahu agama orang-orang terkenal dan public figure dari berbagai profesi. Entah kenapa. Mungkin karena di Indonesia agama bukan urusan privat. Tetapi berada di ranah publik. Beda dengan negara-negara barat yang tidak peduli dengan agama seseorang. Sebab bagi mereka, agama menyangkut hubungan personal dengan Yang Di Atas. Sementara di Indonesia, agama yang seharusnya urusan personal selalu memiliki aspek sosial.

Untuk memenuhi kegemaran dan keingintahuan itu, saya mencoba menelusuri agama salah satu orang terkenal di dunia, yaitu pesepakbola yang kini merumput di klub Seri A Italia, AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.

Untuk melacak agama Zlatan Ibrahimovic, maka hal yang harus diketahui adalah latar belakang keluarganya. Kedua orang tuanya adalah imigran dari bekas negara Yugslavia ke Swedia.

Bapaknya bernama Sefik Ibrahimovic. Dia lahir di Bijeljina, Bosnia. Sedangkan ibunya adalah Jurka Gravic lahir di Zadar, Kroasia. Sefik beragama Islam, sedangkan Jurka disebut beragama Kristen. Keduanya bertemu di Swedia, lalu pacaran, dan kemudian menikah campur. Dari hasil pernikahan itu, lahirlah Zlatan Ibrahimovic pada 3 Oktober 1981 di Malmo. Dia bertumbuh di Rosengard, tetangga Malmo yang terkenal dengan komunitas imigrannya. Zlatan yang berarti gold, emas memiliki tiga saudari dan dua saudara.

Meski ayahnya Muslim dan ibunya Kristen, sejumlah sumber menyebutkan bahwa Zlatan tidak terlalu peduli dengan dua agama itu. Tetapi menurut http://en.wikipedia.org/wiki/Zlatan_Ibrahimovi%C4%87, “Ibrahimović is a Catholic Christian.” Ibrahimovic adalah seorang Katolik.

Setelah besar, Ibrahimovic berpacaran dan hidup bersama dengan Helena Seger, seorang model dan bintang iklan Swedia. Mereka memiliki dua putra bernama Maximilian yang lahir pada 22 September 2006 dan Vincent yang lahir pada 6 Maret 2008.

Zlatan kini tinggal di sebuah rumah mewah di Kota Milan bersama Helena dan dua putranya. Setiap musim panas, selalu pulang kampung ke Malmo, Swedia. Ibrahimovic memiliki koleksi mobil mewah seperti sebuah Volvo C30 TS, sebuah Ferrari Enzo, Spider 360, sebuah Porsche Carrera, dan Audi S8. Masih ada sejumlah koleksi lainnya.

Lalu apa agama Zlatan Ibrahimovic? Apakah Katolik seperti kata Wikipedia di atas atau Islam seperti dipahami banyak orang selama ini? Tidak penting. Sebab itu bukan urusan kita. Itu urusan personal Zlatan yang memegang sabuk hitam takewondo itu. Yang pasti, salah satu tato pada tubuhnya yang terletak persis di samping perut sebelah kiri tertera kalimat ini, “Only God Can Judge Me” (Hanya Tuhan yang Bisa mengadili saya). Ini mencerminkan religiositas Zlatan Ibrahimovic, apa pun agamanya.

64 komentar:

  1. Orang indonesia memang kurang kerjaan, ngurusin orang asing. Paling2 cuma dari nama bapaknya yang berbau islam makanya langsung latah ngomongin agamanya. Satu, di tv pernah terlihat dia minum pas perayaan, dua, tatoo dilarang di islam, tiga, anak2nya tidak mempunyai nama islam. Lebih meyakinkan mana? gosip atau wikipedia yang bersumber?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Klo lo gk suka agama islam udah mndingan diem...

      Hapus
    3. kalo lo ngk senang dengan non muslim mending tinggalkan teknologi.
      teknologi di pegang non muslim.

      Hapus
    4. Trus kalo loe jago tecnology. Loe bisa hidup lebih dari 200thn kah?

      Hapus
    5. Yuan firayama. Sebaiknya anda pelajari sejarah perkembangan teknologi & ilmu pengetahuan dari zaman dark ages, reinasance. Hahaha

      Hapus
    6. Yuan coba belajar sejarah lg, apa bener teknologi saat ini tdk ada campur tangan muslim?? Harusnya anda malu..

      Hapus
    7. Yuan Idiot gk tahu apa apa aja Bisanya cman bacot doank.

      Hapus
    8. Yuan Idiot gk tahu apa apa aja Bisanya cman bacot doank.

      Hapus
    9. Heh Yuan Kau Kalok Gak Tau Apa2 Mnding Diam Semua Perkembang Teknologi Atau Ilmu Berasal Darj Al-Quran Kau Cam Kan Iti Baik Agama2 Non Muslim Kalok Gak Tau Quran Kek Mgkn Teknolgi Berkembang Seperti Ini Tau Kau Pesawat Pertama Kali Yang Nemui Siapa Yang Muslim Non Muslim Itu Gak Ada Apa2nya Tuhan Kok Yudas Eskariot Makanya Kau tu Pelajari Sejarah Yang Kau Sembah Itu Yg Dalm Hati Kau Tu Yg Di Salib Siapa Mnrut Kau Pasti Yesus Haha Yesus Adalah Nabi Tuhan Dia Yg Nanti akan Turun Pda Hari Kiamat Sedangakn Yang Di Salib Itu Yudas Eskariot Kau Cam Kan Itu Baik Agama Yang Benar Cuma Lah Islam Biar Kau Kentod Gak Senang Kau sma Agama Islam Ku Pecah Kan Kepala Kau Tu Bila Perlu Letak Alamat Kau d sni Depan Bapak Kau tu Kj Main Kan

      Hapus
    10. Pantas Lah Muka Aja Gak Segar Muka Setan Itu Sholat Itu Megubah Wajah Menjadi Lebih Putih Segar Dan Lebih Suci Timbang Pergi Ke Gereja Cma Minggu Aja Gak Jelas Masuk Gereja Nyanyi2 Yg Gak Jelas Buat Nyembah Manusia Biasa Tolol

      Hapus
  2. emangnya agama penting apah? buat orang eropa mah mau beragama ato gak tetep aja kena krisis ekonomi.. Setelah jaman enlightening, agama dianggap penghalang kemajuan umat manusia terutama agama katolik waktu jaman itu.' So,only 'only god can judge me' bisa diartikan sebagai agnostikme.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para pengunjung, makasih ya atas komentar pada tulisan ini.

      Hapus
  3. wahhah kalo tau gak di endingnya kaya gitu buat apa bikin judul nya itu gan ??

    BalasHapus
  4. Kalau sama2 ragu, mendingan besok aku pinjem KTP-nya zlatan aja sebentar.. spy tahu jawabannya yang pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dapat belum ktpnya bro? Minta foto kopiannya dong wkwkwkw

      Hapus
    2. lha itu ID Card di LN ga ada harus mencantumkan agama nya apa, makanya di Indonesia masih rasis dan fanatic agama tha's suck!

      Hapus
  5. bila dia muslim ya wajar wong bapaknya muslim, tapi bila dia katholik ya doakan biar ikut agama moyang bapaknya (bosnia) yang mayoritas muslim spt Indonesia ..... tetapi beragama adalah hak asasi manusia bukan ?

    BalasHapus
  6. @Anonim: Betul gan...biarkan dia ngurus agamanya sendir, apapun agama dia.

    BalasHapus
  7. Lalu apa agama Zlatan Ibrahimovic? Apakah Katolik seperti kata Wikipedia di atas atau Islam seperti dipahami banyak orang selama ini? Tidak penting. Sebab itu bukan urusan kita. --> setuju dengan tulisan ini.

    BalasHapus
  8. yang jelas dia puya satu TUHAN . .

    BalasHapus
  9. Yg jels tuhn ny bkn hewan dan wujudny tak tampaK selaykny mnusia biasa

    BalasHapus
  10. emang agama islam bisa buat dampak apa coba.....? islam itu gak tau apa2....coba klo saya punya segalanya dan juga bisa membuat hati masyarakat indonesia sakit. gara 2 tulisan gue diatas....oky bro, jangan lagi komentar...titik titik.....kurang ajar islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu nanya Islam bikin dampak apa? Ibnu Sina/Avicenna adalah ilmuwan dan seorang muslim yang membuat ilmu kedokteran dan sains maju. Kalo gak ada dia lu belajar sains juga abal kali. Nyadar beungeut atuh jang...

      Hapus
    2. Horas michael : otak udang lo yah, liat akibatnya nanti..!!

      Hapus
  11. Horas michael rasialis tulen, mati aja lu, anjing!

    BalasHapus
  12. Horas michael itu bukan anak manusia,,,itu anak babi,,,,bapaknya setan

    BalasHapus
  13. Ini sebuah tulisan yang aneh.. Berangkat dari kritik & kesadaran ttg "budaya minor" orang indonesia yg suka ingin tau agama orang lain. Lalu, bknkah tulisan ini sendiri jg pd dasarnya bertujuan utk itu? Liat aja dampaknya, pembaca malah jadi cenderung racist & saling memaki.. What a pity...

    BalasHapus
  14. Yaah.. kita ini sesama cucu adam beliao di buang ke bumi karna mengikuti bujuk rayu iblis kemudian beliao bertaubat tentu mintak ampun kepada Allah , waktu itu belum ada yesus belum mengenal tuhan berkepala botak , yang ada hanyalah Allah saja Taobatnya diterima dan kembali masuk sorga , Itulah sebabnya umat islam ngotot agar semua saudarany mengikuti jejak kakek nenek moyangnya dan meninggalkan bujuk rayu musuhnya yaitu iblis

    BalasHapus
  15. Yaah.. kita ini sesama cucu adam beliao di buang ke bumi karna mengikuti bujuk rayu iblis kemudian beliao bertaubat tentu mintak ampun kepada Allah , waktu itu belum ada yesus belum mengenal tuhan berkepala botak , yang ada hanyalah Allah saja Taobatnya diterima dan kembali masuk sorga , Itulah sebabnya umat islam ngotot agar semua saudarany mengikuti jejak kakek nenek moyangnya dan meninggalkan bujuk rayu musuhnya yaitu iblis

    BalasHapus
  16. zlataners dikit amat yah... :D

    BalasHapus
  17. Halo, saya mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  18. http://m.republika.co.id/berita/sepakbola/internasional-2/12/05/20/m4aogi-ibrahimovic-aku-bukan-muslim-taat

    BalasHapus
  19. Kocak masih ada aja orang rasis

    BalasHapus
  20. ga mengenakan perkataan manusia yg ga pnya etika,,,dasar tolol...menghina islam

    BalasHapus
  21. Alhamdulillahi robbil 'alamin..
    Ibra mo islam ke,,katolik ke,yahudi ke Atau apapun keyakinanx emang gue pikirin..
    Dalam Islam "UNTUKMU AGAMAMU dan UNTUKKU AGAMAKU"
    & TIDAK ADA PAKSAAN DALAM AGAMA.

    itu aja kok tepot !!!

    BalasHapus
  22. Betul Axel Avril. Jangan repot dengan agama orang lain

    BalasHapus
  23. islam adalah agama terbaik dan paling masuk akal.tidakada omong kosong dalam islam.semua tau dan orang yg mnghina islam akan menyesal d kemudian hari.karna seluruh orang baik akan menganut islam nantinya, tunggu aj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mau ngomong agama itu bukan di publik babi,anjing,makan babi lu..

      Hapus
  24. buat kristiani yghina muslim. jangan siasiain
    pengorbanan nabi isa.nabi isa mungkin prihatin liatin dengerin kalian .,

    BalasHapus
  25. Kalian semua yg rasis,itu bodoh tida pnya otak,otak di dengkul,dengkul di otak..kita ini satu bangsa berasaskan pancasila.Pa soekarno aja dulu ngga rasis coba klo dulu dia rasis dia pasti suruh yg non muslim jdi muslim kalian aja yg bodoh.ikutlah kepercayaan masing2.

    BalasHapus
  26. intinya tekhnologi datang dari negara timur dan di kembangkan di negara barat. dan kalian kalian hanya bisa menikmati tekhnologi dan kadang terbodohkan oleh tekhbologi dan kadang terbantu jadi intinya semua saling melengkapi dimana ada kekurangan pasti ada kelebihan, masalah agama, ya pegang prinsip saja agama mu agama mu agama ku agama ku maka saling lah kita menghormati agar dapat keseimbangan hidup ini.

    BalasHapus
  27. Untukmu agamamu, untukku agamaku,, Jangan saling menghujat, kita rukun saja

    BalasHapus
  28. Saya Mrs Rini,
    Saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia karena ekonomi yang buruk di beberapa bagian, seperti Indonesia, Malaysia dan lain-lain. Apakah mereka orang-orang yang mencari pinjaman di antara kamu?

    Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali dalam pinjaman perusahaan palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya melepaskan dari penjara dan teman saya saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang reliabl ISABEL PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya mendapat pinjaman saya dari ISABELLOANCOMPANY Rp400,000,000 sangat mudah dalam waktu 48 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui
     
     ISABELLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda ISABELLOANCOMPANY kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (Isabelloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (mrsriniroza@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  29. Wkwkwk. Udah-udah sesama manusia jgn bertengkar. Yg harus km lawan itu setan.

    BalasHapus
  30. Wkwkwk. Udah-udah sesama manusia jgn bertengkar. Yg harus km lawan itu setan.

    BalasHapus
  31. di wikipedia beragama katolik padahal dianya sendiri gak bilang apa apa

    BalasHapus