Jumat, 24 Agustus 2012

Meneguk Untung dengan Media Komunitas


Bisnis media yang menguntungkan bukan hanya pada media-media main stream. Media-media arus utama yang menjadi pembentuk opini publik. Media komunitas bisa juga menjadi ladang bisnis yang menggiurkan dan meneguk untung besar.

Media-media komunitas ini biasanya berkonsep free magazine. Majalah yang dibagi secara gratis. Mereka tidak mengandalkan penghasilan dari sirkulasi, seperti pada media-media arus utama. Sumber penghasilan mereka satu-satunya adalah iklan. Tetapi apakah dengan begitu mereka bisa hidup? Jawabannya pasti bisa.

Tengoklah apa yang terjadi dengan Info Gading Group. Ini adalah raksasa media komunitas di Jakarta atau bahkan di Indonesia. Pemiliknya adalah Sukardi Dharmawan. Dia sekaligus menjadi CEO (Chief Executive Officer) atau yang juga disebut Direktur Eksekutif. Dia mendirikan Info Gading pada pada 1997. Sejak berdiri hingga sekarang, majalah itu sudah beranak pianak.

Bayangkan! Dia disebut-sebut sudah memiliki 15 majalah komunitas di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Semuanya terinkorporasi dalam tiga divisi yaitu divisi media cetak, media online, dan komunikasi marketing serta guyup dalam tiga perusahan, yaitu PT Sentra Info Bisnis Konsultama, PT Media Komunitas Serpong, dan PT Media Usaha Promo Indonesia.

Media-media komunitas yang berada dalam grup ini adalah Info Gading, Info Serpong, Info Kebayoran, China Town, Info Puri, Info Pluit Kapuk, Info Citra Palem, Info Bekasi, Info Cibubur, Info Sunter, Info Depok, dan Info Bogor. Itulah sebabnya, Sukardi Dharmawan yang lulus dari Institut Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (IPPM) disebut sebagai pioner majalah komunitas di Indonesia.

Coba tengok sendiri majalahnya. Isinya tebal dan penuh iklan. Inilah sumber penghasilan majalah ini. Meski majalah komunitas, pengelolaannya dilakukan secara profesional. Pengelolaan yang profesional plus sentuhan jurnalistik yang memadai kemudian mendatangkan iklan yang berlimpah dan membuat kelompok itu bertumbuh subur bak cendawan di musim hujan.

Kicau Bintaro
Majalah komunitas lainnya yang juga penuh iklan adalah Kicau Bintaro. Majalah ini diterbitkan oleh PT Jaya Real Property dan dikelola Paragon Communication. Kicau Bintaro dibagikan secara gratis kepada penghuni Bintaro Jaya dan Graha Bintaro. Biasanya disediakan di tempat-tempat yang biasa didatangi warga, seperti kantor pemasaran, tempat-tempat rekreasi seperti kolam renang dan lainnya. Isinya lumayan tebal dan variatif.

Beda dengan Info Gading, majalah ini belum beranak pianak. Edisi online-nya pun tidak se-update Info Gading Group. Kicau Bintaro online (www.kicaubintaro.co.id) sudah lama tidak diperbaharui isinya. Tetapi, edisi cetaknya, ciamik. Iklannya? Hampir 50 persen dari total halaman berisi iklan. Maka terbayang, pendapatan yang diperoleh majalah komunitas Bintaro ini.

Meski berstatus komunitas, majalah ini dikelola profesional. Selain menerbitkan edisi rutin, belum lama ini Kicau Bintaro menerbitkan edisi khusus dalam rangkat memperingati 33 tahun Bintaro Jaya. Covernya, cukup tebal. Hampir sama dengan Majalah Tempo edisi khusus bulan Agustus ini. Isinya pun bagus dan 50 persen dari total halaman berisi iklan, baik iklan display maupun iklan baris.

Saya hanya mau mengatakan, media komunitas adalah juga ladang bisnis yang menggiurkan. Ini peluang bisnis yang patut dan perlu digarap secara serius, seperti yang dilakukan oleh Sukardi Dharmawan dengan Info Gading Groupnya atau PT Jaya Real Property dengan Kicau Bintaronya. (Alex Madji)

Teks foto: Majalah komunitas Kicau Bintaro Edisi khusus. (Foto: Alex Madji)

2 komentar:

  1. MAU KULINER YANG ASYIK & NIKMAT DIWILAYAH BINTARO ???????

    DATANG SAJA : RM. IBU HAJI CIJANTUNG, Jl. Pondok Pucung No 115 - Bintaro sektor 9 ( Belakang sekolah BPK PENABUR ). MASAKAN SUNDA yang satu ini sama seperti WARALABA. Yang jadi ICON dari RM ini adalah : SAMBEL COBEK yang begitu pas dilidah, Ayam Goreng yang Gurih & lembut, pepes ikan yang terasa lezat, Karedok yang begitu Nikmat. Menambah nafsu makan menjadi bertambah. Rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama makan siang dan malam.Yang belum pernah mencoba SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI KENIKMATANNYA

    RASA MEMUKAU HARGA TERJANGKAU

    BalasHapus
  2. SEGERA DIBUKA ! Kini tidak pusing lagi untuk menyediakan makan lezat keluarga setiap hari !

    Kami melayani pesanan masakan paket makan keluarga, antar gratis kawasan Bintaro, Ciputat dan sekitarnya. Masakan langka porsi keluarga yang sangat lezat dan langka, pilihannya :
    - Soto Bandung Resep Langka
    - Kari Ayam Istimewa Resep Asli + Ketupat
    - Sayur Asin + Daging Iga Sapi
    - Sop Iga Sapi harum
    - Semur Daging ala Lebaran Lezat
    - Sayur Lodeh tradisional Betawi
    - Sop ayam Kimlo Istimewa
    - Daging Iga sapi masak kacang Jogo lezat dan harum
    - Bebek Goreng lezat dan harum (siap santap / siap goreng)
    - Dan lain-lain.

    Konfirmasi :
    Telp. Ibu Wulan 083896545808 BB: 5A4F968F WA : 083896545808

    BalasHapus