Rabu, 26 Juni 2013

Menelisik Agama Neymar

Neymar adalah pemain muda Brasil yang paling bersinar di Piala Konfederasi 2013. Aksinya menawan. Olah bolanya indah dan enak ditonton. Dan yang terpenting, selalu mencetak gol dalam tiga pertandingan Grup A. Masing-masing satu gol ke gawang Jepang, Meksiko, dan Italia. Berharap, pada laga semifinal melawan Uruguay pada Kamis (27/6) dini hari WIB juga bisa merobek gawang Fernando Muslera.

Kepiawaiannya di atas lapangan hijau itu mengundang decak kagum banyak orang. Barcelona pun kepincut sehingga cepat-cepat mengikatnya dengan kontrak untuk waktu yang cukup panjang. Nah, kita tunggu aksi-aksi menawannya di Camp Nou bersama pemain terbaik dunia empat kali berturut-turut, Lionel Messi.

Tetapi saya tidak ingin mengulas lebih panjang kiprah pria bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu dan bagaimana aksinya bersama Lionel Messi musim mendatang. Saya hanya mau menelisik informasi di luar lapangan sang bintang, terutama terkait agamanya. Kira-kira apa agama Neymar ya?

Beberapa sumber memberi jawaban yang berbeda masalah yang sangat privat ini. www.hollowverse.com memberi informasi bahwa pria 21 tahun kelahiran Sao Paulo dan bertumbuh di Sao Vicente dan Santos itu adalah seorang penganut Katolik. Meskipun, di lapangan dia tidak pernah membuat tanda salib setiap kali setelah mencetak gol atau saat nyaris mencetak gol seperti yang dilakukan Ronaldinho atau Lionel Messi.

Disebutkan, di mulutnya, Neymar mengaku seorang penganut Katolik. Tetapi bukan seseorang yang taat menjalankan agamanya itu. Walaupun dia menjalankan prinsip-prinsip dasar Katolik. Dicontohkan, dia tidak melakukan tindakan aborsi saat gadis berusia 17 tahun dihamilinya. Mantan pemain Santos ini memelihara janin tersebut hingga lahir dan memelihara anaknya itu hingga saat ini.

Bukti lain yang disodorkan situs tersebut soal kekatolikan Neymar adalah saat dia "mengutuk" kebijakan klub Skotlandia, Glasgow Rangers yang tidak membolehkan pemain-pemain Katolik membela klub itu dan fan klub tersebut yang “anti” Katolik. "Saya bukan malaikat, tetapi saya menghormati semua agama. Tetapi kasus ini tidak mencerminkan seluruh rakyat Skotlandia. Skotlandia memiliki masalah karena pendukung Rangers membenci semua hal yang berbau Katolik. Rangers menolak para pemain Katolik selama bertahun-tahun dan mereka didenda UEFA karena meneriakkan kata-kata pelecehan ras. Tidak ada tempat untuk rasisme di dunia sepakbola," tulis situs tersebut mengutip sebuh forum, Talkceltic.net.

Sebuah majalah terkemuka di Brasil, Placar, dalam satu edisinya membuat gambar sampul Neymar yang disalibkan seperti Yesus. Kepala Yesus yang tersalib digantikan oleh wajah Neymar. Majalah ini mau mengeritik soal penampilan Neymar yang melempem bersama Seleccao. Sayang, kritik ini kemudian mendapat protes keras dari Konfederasi Para uskup Brasil atau CNBB.

Tetapi www.modernghana.com mengabarkan bahwa Neymar adalah seorang anggota Gereja Babtis. Media ini mengutip kata-kata Neymar, yang sayangnya tidak disertai sumbernya. "Agama adalah segalanya untuk saya. Tuhan selalu membantu saya. Dialah satu-satunya yang memberikan segalanya untukku. Saya bersyukur kepada-Nya setiap hari. Saya memang tidak punya banyak waktu untuk kebaktian di gereja, tetapi kalau ada kesempatan, saya cepat-cepat ke Gereja Babtis. Saya anggota gereja itu sejak kecil. Saya juga rutin memberi perpuluhan dari apa yang saya dapat," tulis media itu tanpa menyebutkan sumber pada 13 Mei 2013.

Sementara www.wiki.answers.com menjawab Neymar seorang kristen. Ada pula yang iseng menjawab di situs yang sama bahwa Neymar seorang muslim.

Lalu apa agama Neymar? Tidak ada yang terang. Mungkin sepakbola. Dia terlahir dari keluarga sepakbola dan dia hidup dari dan untuk sepakbola. Tidak usah peduli apa agamanya. Nikmati saja permainannya yang indah dan menawan baik bersama Timnas Brasil maupun nanti bersama Barcelona. (Alex Madji)

Foto Neymar ini diambil dari www.bbc.co.uk




13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kenapa ngga coba cari agamanya Mario Balloteli.

    BalasHapus
  3. neymar katolik!!!
    MArio baloteli juga katolik,cristian ronaldo juga katolik!!!!!!!!!!!!!!!!!
    100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia enggak tahu apa itu bolasepak

      Hapus
  4. pak hasan tetangga gua agamanya apa ya��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakak.. Skalian tukang cilok yg sering lewat dpn rmh loe agama nya apa?... Ngakak gw

      Hapus
    2. Wakakakak.. Skalian tukang cilok yg sering lewat dpn rmh loe agama nya apa?... Ngakak gw

      Hapus
  5. Lalu ? Kalo udah tau agamanya mau di gimanain ?

    BalasHapus